Ade Namnung

 Syamsul Effendi alias Ade Namnung merupakan seorang komedian sekaligus pembawa acara kondang yang sudah memiliki jam terbang cukup tinggi. Tubuh tambun dan tawa lepasnya merupakan ciri khas yang menempel pada sosok Ade.

Cowok kelahiran Jakarta, 10 April 1977 ini sempat membentuk sebuah grup lawak bernama Trio OIO yang terdiri dari dirinya, Reza Bukan, dan Farid. Trio lawak ini berdiri lantaran para personelnya yang bekerja di sebuah café iseng menghibur para pengunjung dengan banyolannya. Tak disangka, lawakan mereka justru disambut baik hingga akhirnya  terbentuklah trio lawak bernama Trio OIO.

Trio OIO langsung melejit namanya ketika membawakan sebuah acara lawak di TV bersama dengan Almarhum Taufik Savalas, yaitu Asli Atau Palsu?

Sayangnya, trio lawak yang sudah melambung namanya ini justru harus bubar lantaran mashing-masing personel sudah sibuk dengan kegiatan pribadinya. Konflik yang terjadi dengan manajer manajemen mereka pun dikabarkan menjadi salah satu penyebab bubarnya Trio OIO.
   
Kemudian, Ade juga membintangi acara komedi Tawa Sutra di ANTV bersama Steny Agustaf, Ruben Onsu dan Fanny Fadillah. Selain piawai berakting, Ade juga jago membawakan acara seperti DahSyat.

Dibalik tawa riang yang ditunjukan Ade, beredar kabar mengejutkan seputar kondisi tubuhnya. Pasalnya, pada akhir tahun 2011, Ade mengalami stroke ringan yang menyebabkan dirinya harus dirawat intensif selama beberapa minggu. Bahkan, sebagian tubuh Ade mengalami lumpuh.

Siapa sangka, kondisi kesehatan Ade yang semakin membaik dan diizinkan untuk pulang ke rumah justru kembali drop. Ade mengalami serangan jantung yang semakin memburuk lantaran hipertensi yang dimilikinya, alhasil Ade pun menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur pad apukul 11.45 WIB, Selasa, 31 Januari 2012.