Haji Bolot

Bolot (lahir di Bogor, 10 Mei 1942) adalah seorang pelawak dan pemain lenong Betawi. Dalam setiap lawakannya, Bolot berperan sebagai seorang yang bodoh dan hanya dapat mendengar kalau berhubungan dengan wanita atau uang. Hampir disetiap lawakannya Bolot ditemani oleh Malih Tong-Tong.

Bolot, yang bernama asli H.Muhammad dikenal publik Indonesia sebagai seorang komedian dan pemain lenong Betawi. Dalam setiap penampilannya, senjata yang digunakan oleh Bolot adalah gayanya yang bodoh dan budeg. Dirinya hanya akan 'sembuh' dari sakitnya ini jika masalah yang dibicarakan adalah uang atau wanita.Hampir di setiap lawakannya, ataupun acara yang diikutinya, dirinya ditemani oleh sang partner setia, Malih Tong-Tong.

Bukan hanya komedi yang digeluti pria kurus ini, namun juga beberapa film. Namanya sempat tercatat sebagai pemeran minor dalam beberapa film seperti MAS SUKA, MASUKiN AJA BESAR KECIL IT'S OKAY (2008) dan SEHIDUP (TAK) SEMATI (2010).Kabar terkini mengenai Bolot adalah dirinya sedang mengikuti beberapa jejak rekan-rekannya sesama selebriti, dengan terjun ke dunia politik.Pada awal 2010, Bolot menyatakan bahwa dirinya akan menjadi Calon Walikota Tangerang Selatan pada Pilkada yang diadakan pada Oktober 2010. Meskipun belum ada kepastian dari partai politik mengenai dukungan kepada Bolot, namun dirinya mengaku yakin dan siap menjadi Walikota tempat yang pernah juga dipilih Rano Karno untuk terjun dalam dunia politik ini.Namun, pada pertengahan 2010, Bolot mengabarkan bahwa dirinya adalah sekedar Juru Kampanye untuk pasangan Yayat Sudrajat dan Norodom untuk menjadi kepala daerah yang sama