Asmirandah

Asmirandah Zantman atau terkenal dengan sapaan Andah ini lahir di Jakarta, 5 Oktober 1989. Andah terlahir dari pasangan M Farmidji Zantman asal Belanda dan ibu Sani Suliwati berdarah Betawi.

Paras indo yang lucu, membuat Andah berkecimpung di dunia entertainment. Ia adalah anak yang sedikit tomboy, cuek, apalagi dalam masalah penampilan sehari-hari. Walau begitu namun Ia hobi membuat kue. Dari kecil Ia senang berlama-lama di dapur untuk bereksperimen membuat kue, apalagi momen mendekati lebaran, menjadi waktu menyenangkan untuknya.

Keteguhan hati tak mau terjerumus ke hal negatif terbentuk dari pola pendidikan ayah dan bundanya. Sejak kecil kedua orang tuanya selalu memperhatikan siapa temannya dan bagaimana Andah bergaul. Sehingga Ia terkontrol.

Hidup berprinsip bahwa pendidikan adalah penting, membuat Andah dengan mudah menempuh sekolahnya dari SD hingga SMA dengan prestasi baik. Dari kecil Ia di sekolahkan di sekolah islam. Sampai akhirnya Ia masuk ke kampus Next Academi jurusan penyutradaraan.

Walau tampang bule ternyata, Andah tidak pintar bahasa inggris. Bahasa betawinya yang kentel, kalo ngomong biasanya suara khas cemprengnnya muncul dan cerewet. Namun, walau karakter suaranya cempreng Ia hobi nyanyi sejak kecil.

Awal karirinya, ia mulai saat duduk di bangku sekolahan. wajahnya yang manis seperti boneka berhasil mendatangkan para pencari laba dari dunia showbiz indonesia untuk berbondong - bondong memberikan sebuah tawaran kerjasama. Mulai dari Sinetron, iklan, sampai videoklip musik pun kerap kali datang padanya. Jadwal yang tight dan mobilitas yang tinggi sudah menjadi makanannya sehari - hari.

Awal ia beracting menjadi pemeran pembantu dalam sinetron ‘Haji Komar’. Aktingnya yang menonjol, membuat ia mulai naik kelas menjadi pemeran utama dalam sinetron ‘Cinta SMU 2' dan ‘Inikah Rasanya?’

Di sinilah, bakat Andah teruji dan terbukti. Ia terlihat total memerankan sosok gadis remaja dengan segala problematika. Ditunjang wajah yang cantik, nama Andah segera menyedot perhatian penonton televisi terutama kalangan remaja.

Sejak itu, Andah banjir tawaran main sinetron dan film televisi (FTV). Banyak film yang Ia bintangi meraih sukses, serta memperoleh rating tinggi. Diantaranya adalah ‘Wulan’, ‘Arti Kasih’, ‘Baby Doll’, ‘Nikita’ dan ‘Kemilau Cinta Kamila’. Tak ketinggalan pula sinetron laris bernuansa religius seperti ‘Maha Kasih’ dan ‘Maha Kasih 2'.

Tahun 2008, Ia mulai mencoba peruntungan di layar lebar. Film ‘Liar’ arahan sutradara Indonesia, Rudi Sudjarwo menjadi film pertama yang Ia bintangi. Selain Andah, beberapa bintang lainnya yaitu Irgy Ahmad Fahrezy, Raffi Ahmad, dan Intan Nuraini.

Setelah film ‘Liar’, film ‘Ketika Cinta Bertasbih 2' (KCB 2) menjadi film keduanya. Di film besutan sutradara senior Chaerul Umam ini, Andah berperan sebagai Dr Vivi. Ia bermain bersama Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Alice Norin, Andi Arsyil Rahman, Deddy Mizwar, Niniek L. Karim, Dude Harlino, Aspar Paturusi, Neno Warisman, Nungki Kusumastuti, dan Meidiana Hutomo.

Tak merasa puas hanya berkarya di dunia acting, Andah pun menerima tawaran dari berbagai perusahaan konsumer untuk jadi bintang iklan memasarkan produk mereka, produk yang Ia bintangi Rexona, Coklat Pangkey, Coklat Gery, Vitacimin, Axe dan Suzuki Spin.

Dunia model bintang iklan pun Ia lakoni dan Tak cuma jadi bintang iklan videoklip, belakangan Andah malah hadir sebagai penyanyi. Album solo pertama kali diluncurkan pada Juni 2009 dengan judul Ketulusan Cinta. Sayang, album ini kurang laku dan tak mampu mengangkat namanya di dunia tarik suara. Meski begitu, Andah tak putus asa. Ia malah berniat merilis single religius, sejumlah lagu pun sudah disiapkan.

Dimasa Ia sedang sibuk mempromosikan albumnya, Asmirandah tertimpa musibah, ia mendadak pingsan sesaat setelah menyantap semangkuk Soto Betawi di kampusnya. Alhasil, Andah, sapaan Asmirandah, langsung dilarikan ke rumah sakit JMC, Buncit dan dirawat selama tiga hari.

Kisah, ternyata paras cantik Asmirandah sempat membuatnya punya pengalaman lucu. Percaya atau tidak, Asmirandah pernah ditawari untuk operasi hidung. Tapi, dengan tegas ia menolaknya.

Ceritanya, pengalaman itu didapat saat temannya mencoba mengambil fotonya untuk dibawa ke Korea Selatan. Bukan untuk dipublikasikan sebagai aktris, ia malah ditawari operasi hidung.

Sinetronnya di tahun 2011 berjudul Binar Bening Berlian, dalam film ini Ia beradu acting dengan Jonas Rivanno, Christian Sugiono, Irish Bella, Ashraf Sinclair, Ari Wibowo, Yoelitta Palar, Tia Ivanka, Teuku Ryan, Vira Yuniar, Sultan Djorghi, Adipura, dkk.

Film
  •     Liar (2008); bersama Raffi Ahmad
  •     Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009)
  •     Dalam Mihrab Cinta (2010)
  •     Jakarta Hati (2012)
  •     Rectoverso (2013)